Tanaman Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Memiliki luka yang sudah lama dan tidak kunjung sembuh memang sering menjadi masalah bagi banyak orang. Apalagi jika lukanya terlihat dengan jelas di anggota tubuh tentu akan menurunkan rasa percaya diri.

Memang banyak produk yang menawarkan perawatan luka agar luka lebih cepat sembuh. Tapi masih ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami disekitar kita.

Faktanya ada banyak tumbuhan herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat luka agar lebih cepat sembuh.

Tanaman apa saja yang dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka.? tanaman tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lidah Buaya

Ekstrak dari lidah buaya memiliki kualitas yang bagus untuk penyembuhan luka. Terbukti sangat efektif dalam kasus luka akibat terbakar, sengatan matahari, goresan dan juga luka lainnya.

Lidah buaya dapat mencegah aktifitas inflamasi luka dan mempercepat penyembuhan.

Bersihkan terlebih dahulu area luka dengan air dingin dan sapukan gel lidah buaya langsung pada lukanya. Jika tidak memiliki tanaman lidah buaya, bisa juga digantikan dengan produk lidah buaya yang ada dipasaran.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu dari obat tradisional yang digunakan untuk penyembuhan luka dan cedera.

Kunyit ini memiliki antiseptik dan juga agen anti perdangan yang kuat. Namun anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.

Senyawa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit mendukung proses perbaikan luka, karena memiliki sifat antibakteri anti jamur, dan anti radang.

3. Bawang Putih

Meskipun aroma khasnya mungkin bukan pilihan pertama, namun bawang putih cukup efektif sebagai ramuan penyembuhan luka. Bawang putih adalah antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri;

Ini mempercepat pematangan kolagen di jaringan kulit dan bertindak sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi.

Ada rekaman insiden tapal bawang putih yang diterapkan untuk tujuan ini sepanjang sejarah, termasuk di Roma Kuno dan selama Perang Dunia I.

4. Madu

Pada luka ringan seperti luka teriris atau terbakar, madu berperan sebagai anti bakterial, dengan cepat membersihkan dan mencegah infeksi berikutnya.

Menurut satu analisis dari banyak studi yang dilakukan oleh peneliti New Zealand menemukan bahwa luka bakar yang diobati dengan madu sembuh.

5. Chamomile

Memiliki Anti-inflamasi dan antimikroba lain yang kuat, chamomile adalah ramuan yang sangat baik yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Menurut Branum, “paling baik digunakan sebagai pencuci atau salep pada luka merah dan meradang untuk membantu meredakan pembengkakan dan iritasi yang tenang. Kantong teh chamomile yang lembab mudah didapat di tangan untuk diaplikasikan pada luka. ”

6. Kentang

Tempatkan beberapa potong kentang mentah di atas area yang terinfeksi sambil menahannya di tempat dengan perban. Biarkan dalam semalam, dan ganti dengan kentang segar di siang hari. Tergantung pada infeksinya biasanya akan mengeluarkan nanah dalam 1-3 hari.

Tanaman diatas sangat baik apabila Anda digunakan sebagai cara mengobati luka ketika jatuh dari motor secara alami supaya cepat kering

Selain menggunakan bahan alami untuk penyembuhan luka dari luar, tidak kalah pentingnya untuk membantu proses penyembuhan luka dari dalam yaitu melalui konsumsi makanan yang bernutrisi.

Sumber. tribunnews.com

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar