Manfaat Daun Sukun Untuk Diabetes

Diabetes atau di kenal dengan nama daerah kencing manis adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), terdapat setidaknya lebih dari 10 juta kasus diabetes terjadi di Indonesia dan jumlah tersebut masih akan terus meningkat tiap tahunnya.

Ada banyak alternatif yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah yaitu menggunakan daun sukun.

Tahukah kamu mengapa daun sukun bisa melakukannya?

Manfaat daun sukun untuk diabetes melitus

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, daun sukun memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan tersebut yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi serta asam amino esensial. Selain kandungan tersebut, juga terdapat kandungan lain seperti hidrosianat, asetilcolin, tannin dan riboflavin yang memiliki fungsi utama membantu melawan beberapa sumber penyakit berbahaya, salah satunya penyakit diabetes.

Daun sukun juga sudah pernah diteliti oleh para ahli Indonesia, yaitu di Kimia LIPI dan hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa daun sukun dapat digunakan sebagai obat anti diabetes karena adanya enzim Alfa Glukosasidase. Enzim Alfa Glukosasidase ini dibutuhkan dalam proses penyerapan karbohidrat. Dalam prosesnya, Enzim Alfa Glukosasidase menguraikan karbohidrat menjadi glukosa dan diolah kembali jadi energi pada tubuh.

Proses ini terjadi di dalam usus halus manusia.

Cara mengolah daun sukun kering untuk diabates

Setelah mengetahui kandungan serta manfaatnya, tentu kamu penasaran tentang bagaimana mengolahnya bukan? Nah, berikut tahapan cara merebus ramuan dari daun sukun yang benar supaya tidak menimbulkan efek samping atau bahaya sejenis nya..

  • Jemur daun sukun hingga kering.
  • Rebus daun sukun dalam panci yang berisi 5 gelas air hingga mendidih.
  • Saring air rebusan daun sukun.
  • Air rebusan daun sukun siap diminum.

Aturan minum ramuan ini adalah 2X sehari yaitu pagi dan sore hari.

Selamat mencoba… sekian info dari saya pada kesempatan kali ini, terima kasih.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar