Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Lambung

Gejala asam lambung sering dianggap sepele oleh masyarakat, padahal jika tidak segera ditangain dan diberi pengobatan yang tepat penyakit ini dapat menyerang organ lain sehingga akan menjadi lebih serius.

Penyakit asam lambung atau dalam medis biasa disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Diseases) memiliki gejala seperti mual, muntah, rasa terbakar di dada, nyeri dan sesak nafas yang diakibatkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Penyebab asam lambung naik

1. Stress
Ini adalah faktor pertama yang mengakibatkan asam lambung baik. Karena pada saat kondisi stres membuat kadar hormonal dalam tubuh tidk seimbang, akibatnya memicu produksi asam lambung yang berlebih.

2. Makan tidak teratur
Normalnya, tubuh memproduksi asam lambung yaitu 4-6 jam setelah makan. Saat kadar glukosa dalam tubuh sudah terserap, kemudian timbullah rasa lapar dan saat itu, asam lambung diproduksi. Jika kita terlambat makan sekitar 2-3 jam saja, akan menyebabkan asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan) sehingga akan muncul sensasi terbakar.

3. Mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan terlalu asam
4. Mengkonsumsi alkohol
5. Merokok
6. Bakteri Heliobacter pylori

Itulah penyebab asam lambung naik paling umum menurut pandangan medis dan kedokteran.

Oke kita lanjutkan, ke tahap pengobatan alternatif yaitu dengan baban alami dan tentunya sudah teruji

Manfaat daun sukun untuk asam lambung

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan dan mengobati asam lambung sampai tuntas. Salah satu alternatif tersebut ialah dengan menggunakan daun sukun yang sudah dikeringkan ataupun masih basah.

Tahukah kamu mengapa daun sukun bisa menurunkan kadar asam lambung?

Menurut laporan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Sulistiya ningsih, dkk, yang sudah diterbitkan dalam Farmaka tahun 2009, menyatakan bahwa hasil Ekstrak daun sukun terbukti mempunyai khasiat atau manfaat dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, salah satunya bakteri Heliobacter pylori penyebab asam lambung.

Tak hanya itu…

Hasil penelitian tersebut juga menyebutkan ada beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun sukun, yaitu Asam amino esensial, Kalium, Senyawa flavonoid, kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mengatasi asam lambung tinggi.

Berikut ulasan mengenai fungsi dari kandungan tersebut…

1. Asam amino esensial

Jenis asam amino esensial yang terdapat pada daun sukun adalah triptofan. Menurut para ahli Triptofan dipercaya dapat membantu proses metabolisme tubuh, selain itu, kandungan ini juga berperan sebagai zat relaksasi yang berguna mengurangi kecemasan atau stress. Karena kita tahu, penyebab utama asam lambung bain adalah stress berat.

2. Kalium

Kandungan kalium dalam daun sukun berperan sebagai penstabil produksi asam lambung berlebih.

3. Senyawa flavonoid

Daun sukun mengandung senyawa flavonoid seperti saponin, tanian, polifenol, asam hidrosianat, asetilkolin, riboflavin, fenol, quercetin dan champarol.

Komposisi dari senyawa tanin dan saponin dalam daun sukun merupakan senyawa yang paling berperan sebagai antibakteri.

Cara mengolah daun sukun

Setelah mengetahui kandungan serta manfaatnya, tentu kamu penasaran tentang bagaimana mengolahnya bukan? Nah, berikut tahapan cara merebus ramuan dari daun sukun yang benar sehingga tidak menimbulkan efek samping dan bahaya lainnya.

  • Jemur daun sukun hingga kering.
  • Rebus daun sukun dalam panci yang berisi 5 gelas air hingga mendidih.
  • Saring air rebusan daun sukun.
  • Air rebusan daun sukun siap diminum.

Aturan minum ramuan ini adalah 2X sehari yaitu pagi dan sore hari.

Selamat mencoba… sekian info dari saya pada kesempatan kali ini, semoga dapat menjawab pertanyaan bolehkah penderita asam lambung makan buah dan daun sukun. Terima kasih

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar