Manfaat Daun Sirsak Untuk Kista Ovarium

Siapa sangka kalau ternyata daun sirsak dipercaya masyarakat (khususnya di Indonesia) mempunyai manfaat yang sangat baik dalam menyembuhkan dan membersihkan kista ovarium pada wanita, kista ovarium apabila terus dibiarkan akan memicu timbulnya kanker ganas. Untuk itu, harus sesegera mungkin di atasi.

Bagaimana, masih tidak percaya?Tepatnya pada tahun 1951 telah di lakukan penelitian daun sirsak oleh Clery Salazar yang berasal dari Puerto Rico, yang kemudian penelitiannya dilanjutkan pada tahun 1976 oleh National Cancer Institute di Amerika, pada penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa daun sirsak mampu menyembuhkan, mengatasi dan menghancurkan sel kanker.

Tak hanya itu saja.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Chatolic University Korea Selatan pada tahun 1999, Pada acara Journal of the Natural Products menyimpulkan atas hasil penelitiannya bahwa daun sirsak mengandung salah satu unsur zat kimia Graviola. Zat Graviola ini dipercaya mampu menghancurkan kanker usus besar yang 15.000 lebih kuat dari pada kemotrapi ataupun Adriamycin. lebih hebatnya lagi, ternyata zat Graviola dapat menyeleksi dan membunuh sel-sel berbahaya tanpa menganggu sel-sel baik dalam tubuh kita.

Sebenarnya masih ada kandungan lain pada daun sirsak, diantaranya Asam Gentisic, Asam lignoser, Atherospermine, Isoquinolin, Murihexocina A dan C Annopentocinas A, B dan C dengan beberapa kandungan tersebut daun sirsak juga dapat meningkatkan kesehatan tabuh melalui meningkatnya kekebalan tubuh.

Apa Itu Kista Ovarium

Ovarium adalah suatu bagian dari sistem reproduksi wanita yang terletak pada perut bagian bawah yang lebih tepatnya yaitu pada kedua sisi rahim.

Benjolan yang berisi cairan yang disebut degan kista dapat berkembang pada salah satu ovarium wanita.

Pada tahun 2015 penderita kista ovarium di indonesia mancapai 23.400 orang dan meninggal sebanyak 13.900 orang. Angka kematian yang tinggi ini disebabkan karena penyakit ini bersifat asimptomatik atau baru diketahui jika sudah menimbulkan keluhan, sehingga60-70% pasien yang datang untuk melakukan pemeriksaan sudah stadium lanjut (data ini dari Kemenkes, 2015).

Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah (2015) kasus kista ovarium tercatat sebanyak 2.299 kasus. Dari data tersebut, penderita kista ovarium terbanyak dialami oleh wanita berusia produktif yaitu 25-44 tahun. (menurut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2015).

Jenis kista ovarium pada wanita beserta penyebabnya

Pada dasarnya kista ovarium dibagi menjadi dua yaitu kista fungsional dan kista abnormal. Untuk jenis kista ovarium digolongkan atas dasar penyebab dan letak berkembangnya kista ovarium tersebut, berikut penjelasannya:

1. Kista Folikel atau Folikuler

Kista folikel adalah kista yang tergolong ringan yaitu kista yang terjadi karena terganggunya folikel sel telur sehingga berakibat pembengkakan yang berubah menjadi cairan lalu berkembang menjadi kista.

Dengan cara mengolah daun sirsak untuk obat pembersih kista dengan cara direbus dan meminum air daun sirsak secara rutin makan akan segera berangsur sembuh.

Lalu berapa lama kista akan sembuh dengan daun sirsak? manfaat daun sirsak untuk kista folikel ini tergolong cepat karena hanya membutuhkan waktu berberapa minggu.

2. Kista Korpus Luteum

Kista korpus luteum adalah dimana terjadinya penyumbatan di dalam lubang pelepasan sel telur sehingga menyebabkan menumpuknya cairan di korpus luteum lalu berkembang menjadi kista.

Manfaat daun sirsak untuk kista korpus luteum adalah dengan meminum teh daun sirsak secara rutin maka kista korpus luteum akan hilang dengan sendirinya.

3. Kista Denoma

Kista denoma adalah kista yang terjadi karena di pengaruhi oleh sel sel jaringan luar ovarium. kista jenis ini sering juga di sebut tumor karena ukuranya yang relatif besar hingga 30cm. kista denoma dibagi menjadi dua yaitu:
Kista denoma serosa adalah kista demona yang ukuranya biasanya kecil
Kista denoma musinous adalah kista demona yang bisa membesar ukuranya hingga mencapai 30cm
Kista demona tidak memiliki sifat kanker akan tetapi menyebabkan gangguan kehamilan, tertekanya rahim dan dapat menggangu aliran darah ke ovarium.

Khasiat daun sirsak untuk kista yang satu ini sebagai pembersih atau pencegah dengan meminum air rebusan daun sirsak secara rutin. maka anda akan terhindar dari kista demona. anda bisa melihat ulasan cara merebus daun sirsak di cara mengolah daun sirsak

4. Kista Dermoid

Kista dermoid adalah kandungan cairan dan lemak yang membesar hingga 15cm yang di akibatkan sel yang tidak sempurna menjadi sel telur dan kista ini tergolong tidak ganas akan tetapi biasanya menyerang darah, tulang gigi, kulit dan rambut. kebanyakan wanita muda berusia belasan yang terserang kista dermoid.

Disarankan untuk operasi untuk kista dermoid karena menghidari resiko pecah di dalam dan jenis
kista dermoid ini juga menyebabkan tuba fallopi terlilit.

5. Kista Endometrioma

Kista Endometrioma atau yang biasanya di sebut kista coklat atau juga kista endrometriosis sering kali menyerang wanita yang produktif karena jenis kista ini menggangu kesuburan wanita di sebabkan oleh endrometrial atau lapisan luar rahim membesar hingga 3 – 5 cm menyentuh ovarium. biasanya menyebabkan nyeri yang luar biasa waktu menstruasi.

6. Kista Policistic Ovarian Desease

Kista Policistic Ovarian Desease adalah dimana isi kandungan cairan bening kista ini walaupun ukuranya yang kecil akan tetapi dalam jumlah banyak sampai menutupi dinding ovarium hingga terjadi menebalnya dinidng ovarium yang menggangu terjadinya proses ovulasi karena dinding ovarium di tutupi oleh kista.

7. Kista Hemorrhagic

Kista Hemorragic adalah terjadi karena akibat adanya pendarahan pada kista fungsional. kram di perut biasanya terasa menusuk dan hanya terasa pada bagian kiri atau kanan perut.

8. Syndrom Polikistik Ovarium

Syndrom Polikistik Ovarium atau yang di sebut juga PCOS (Policistic Cyst Ovarium Syndrome) yaitu kista yang berjumlah banyak yang tumbuh di dalam ovarium. Penyebab Kista ovarium jenis ini adalah karena gangguan hormon dan ovarium memproduksi hormon estrogen berlebihan. sehingga menyebabkan gangguan kehamilan atau bahkan keguguran. biasanya menyerang wanita usia produkif. jenis kista ini juga beresiko menjadi kanker endometrium. baca juga tentang manfaat daun sirsak untuk kanker

Cara mengolah daun sirsak untuk mengobati penyakit kista ovarium yang benar

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak muda.
  • Setelah dicuci bersih.
  • Rebus dengan air sebanyak dua gelas.
  • Kemudian masak hingga mendidih, biarkan beberapa menit sampai airnya tersisa kira-kira satu gelas yang merupakan sisa-sisa sari daun tersebut.
  • Saring untuk memisahkan kotoran. Minum selagi hangat, Anda bisa menambahkan gula aren agar lebih nikmat.

Atau, bisa membuat daun sirsak ini menjadi teh. Yaitu dengan cara…

  • Keringkan daun kersen secukupnya.
  • Seduh, selayaknya anda seperti membuat teh pada umumnya.

Ketika anda mengkonsumsi ramuan dari rebusan air daun sirsak, sebaiknya di sertai dengan menjalankan pola hidup sehat, supaya hasil yang akan kamu dapatkan lebih maksimal dan sesuai harapan.

Demikian itu informasi tentang manfaat daun sirsak untuk kista ovarium yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

berapa lama kista dan miom sembuh dengan rebusan air daun sirsak dari testimoni

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar