Manfaat Daun Kersen Untuk Asam Urat

Saat ini sebagian orang masih menggunakan bahan alami dalam mengatasi masalah kesehatan. Bahan alami tersebut umumnya berupa bagian dari tanaman, mulai dari akar, batang, daun, hingga buahnya.

Sebab, mereka yakin kalau tanaman obat lebih aman dibanding obat berbahan kimia, apalagi jika kita obat tersebut menjadi kebutuhan sehari-hari, tentu obat tradisional alami menjadi pilihan yang tepat, agar dikemudian hari tak menimbulkan efek samping. Benar bukan?

Sebut saja Muhammad Gatot, pria pensiunan itu sudah sejak lama mengonsumsi ramuan herbal yang memiliki fungsi pengobatan, yang bisa ia ditemukan di lingkungan sekitar rumahnya.

Bagi Gatot yang kini berusia 63 tahun, kesehatannya justru menjadi lebih baik setelah ia rutin mengkonsumsi obat herbal alami.

Salah satu contohnya adalah penyakit asam urat yang sudah lima tahun ia derita, sedikit demi sedikit mereda dengan rutin konsumsi seduhan air daun kersen muda (daun ceri atau talok dalam keluarga tanaman Muntingia calabura L.)

“Dalam sehari saya konsumsi ramuan herbal itu sebanyak tiga kali, untuk meredakan asam urat dan kolesterol yang saya derita,” kata warga Plamongan Indah Semarang itu, Kamis (24/11).

Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes

Sementara jika asam urat yang ia derita kambuh, dalam satu hari Gatot bisa meminum ramuan buatan sendiri ini sampai empat kali atau bahkan lebih. Dalam setiap kali minum, ia menggunakan takaran satu gelas sedang.

Cara mengolah daun kresen untuk asam urat

Ia pun juga menjelaskan tahapan cara membuat / memasak ramuan obat herbal itu.

“Biasanya saya mengambil 10 lembar daun kersen muda. Setelah dicuci bersih, direbus dengan air sebanyak dua gelas. Kemudian masak hingga mendidih, biarkan beberapa menit sampai airnya tersisa kira-kira satu gelas yang merupakan sisa-sisa sari daun tersebut,” ucap Gatot.

Gatot pun menambahkan, bukan hanya ramuan daun kersen saja yang rutin ia konsumsi. “Buahnya juha ia konsumsi sebagai pencegah kambuhnya asam urat tersebut,” jelasnya.

Sama halnya dengan Gatot, ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Majapahit, Pedurungan Semarang, Eni Sukesih (59) juga rutin konsumsi beberapa tanaman obat yang familiar di masyarakat.

“Biasanya ketika mengalami batuk, saya akan rutin membuat ramuan yang terbuat dari sari kencur dan perasan jeruk nipis. Fungsinya untuk membuat hangat pada bagian dada, paru-paru, tenggorokan, sehingga batuk akan dengan sendirinya mereda,” kata Eni saat ditemui di swalayan daerah Majapahit.

Selain obat herbal tersebut, wanita yang akrab disapa dengan panggilan Esih itu juga sering konsumsi jus seledri yang dicampur dengan timun, fungsinya untuk menstabilkan tekanan darah tinggi yang telah ia derita sejak lama. Biasanya ia mengkonsumsi ramuan ini satu kali dalam minggu.

Tips konsumsi obat herbal biar aman

1. Perhatikan dosis

Meski didapatkan dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, sayur, serta buah-buahan, anda tetap harus memperhatikan dosis saat mengkonsumsi apalagi jika dikonsumsi setiap hari.

2. Keamanan dan kebersihan

3. Perbanyak baca informasi mengenai obat herbal yang baik dan benar dari buku-buku yang sudah diterbitkan oleh penerbit dengan sumber yang jelas.

Demikian itu informasi tentang manfaat daun kersen untuk asam urat yang bisa saya sampaikan dikesempatan ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Salam dan terima kasih.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar