Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Natrium Benzoat

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas di seluruh daerah tropis seperti untuk diambil buahnya.

Buah pepaya memilik rasa enak, manis dan segar sehingga sangat lezat dinikmati secara langsung maupun diolah menjadi cita rasa yang berbeda seperti dijadikan manisan.

Selain rasanya yang enak, buah pepaya juga mempunyai khasiat yang sangat baik buat kesehatan dan kecantikan. Jadi dengan makan buah pepaya kamu akan mendapatkan 2 hal yaitu kesegaran dan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Ngomongin soal manisan buah pepaya, apa kamu sudah tahu bagaimana cara membuatnya .? Nah kali ini saya punya resep membuat manisan pepaya kering dan basah kering tanpa natrium benzoat yang enak, legit, kenyal dan segar. Seperti apa resepnya? Berikut ulasannya…

Bahan

  • 1 buah pepaya yang belum terlalu matang (kupas kulitnya, buang isi dan potong kotak kecil atau di parut).
  • 2 sdm garam.
  • 750 gram gula pasir atau sitrun (sebagai pemanis nya).
  • 250 ml air.
  • 1 sdm sirih kapur, larutkan dalam 2 liter air.

Cara Membuat

  1. Siapkan buah pepaya yang sudah dipotong lalu masukkan ke dalam wadah yang sudah diisi dengan larutan garam. Rendam buah pepaya ke dalam larutan garam hingga layu lalu angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, rendam buah pepaya yang sudah ditiriskan ke dalam air sirih kapur. Rendam kira-kira selama semalam.
  3. Esok paginya, angkat buah pepaya dari rendaman sirih kapur dan cuci bersih buah pepaya. Tiriskan buah pepaya.
  4. Campurkan buah pepaya dengan 250 gula pasir. Diamkan beberapa waktu sampai gula larut dan meresap ke dalam daging buah pepaya. Jika sudah, angkat dan kembali tiriskan buah pepaya.
  5. Siapkan panci lalu isi dengan 250 ml air matang. Tambahkan sisa gula pasir dan buah pepaya ke dalam panci. Rebus buah pepaya sampai mendidih dan air gula benar-benar meresap.
  6. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan angkat buah pepaya. Simpan di dalam toples kira-kira selama 12 jam.
  7. Manisan pepaya sudah jadi dan siap untuk disajikan.

Penting… Agar gula dapat meresap ke daging buah pepaya supaya rasa buah semakin legit, kamu bisa melakukan tahap perebusan sebanyak dua kali.

Jika sudah.

Simpan manisan ini di tempat yang tertutup dan bersih agar kualitas manisan semakin baik (dalam kulkas atau pendingin).

Oke… Selamat mencoba resep ini dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar