Apakah Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

Pernah kamu mencoba hilangkan jerawat menggunakan pasta gigi? Mungkin beberapa dari kalian pernah melakukannya.

Mengoleskan pasta gigi ke jerawat yang sudah matang, dipercaya cukup efektif mengeringkan dan mengempiskan jerawat loh.

Tapi, tahukah kamu bagaimana pendapat para dermatologis (para ahli yang sudah melakukan peneliti)…? Menurut mereka, mengoleskan sedikit pasta gigi pada wajah berjerawat mungkin bisa membantu menghilangkan satu jerawat yang meradang.

Tapi menurut dokter kulit Kenneth Howe, M.D., pasta gigi seharusnya hanya digunakan untuk menyikat dan membersihkan kotoran yang menempel pada gigi.

Jika di aplikasikan ke wajah “(pasta gigi) akan membuat kulit menjadi kering,” kata Kenneth, seperti dikutip dari Women’s Health.

Sedangkan…

Menurut dokter kulit dari Wexler Dermatology ini melanjutkan, “kulit yang rentan berjerawat akan langsung bereaksi jika terjadi kekeringan atau iritasi, yaitu dengan tumbuh lebih banyak jerawat di wajah.”

Meski bermaksud menyingkirkan jerawat, hal ini justru akan memicu timbulnya jerawat baru dan bahkan lebih banyak.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan instan

Jika ingin mengatasi jerawat meradang dengan cepat & instan, Anda bisa mencoba aspirin. Obat penghilang rasa sakit dan nyeri ini mengandung sedikit salycilic acid, yaitu bahan aktif yang biasa digunakan sebagai campuran dalam produk perawatan kulit berjerawat. Dengan kombinasi antara aspirin dan air hangat sangat efektif menenangkan jerawat yang meradang.

“Kandungan salicylic acid yang terdapat dalam aspiring memang tidak bisa mengurangi produksi minyak berlebih di kulit seperti hal nya kirm-krim jerawat lainnya, tapi bisa membantu merawat dan mengurangi kulit berjerawat,” kata dermatologist Joshua Zeichner, M.D.

Cara pemakaian

  • Haluskan sebutir aspirin, lalu tambahkan air hangat, aduk hingga bertekstur seperti pasta.
  • Oleskan pasta aspirin, ke jerawat (ingat, hanya pada jerawat).
  • Lalu diamkan semalaman.
  • Ulangi cara ini setiap malam sampai jerawat mengering, radangnya berkurang dan sembuh.

Penting…!

Sebaiknya aspirin hanya digunakan ketika jerawat yang anda derita meradang serta menimbulkan rasa sakit, jadi sangat tidak disarankan apabila obat ini digunakan sebagai perawatan sehari-hari.

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat sekaligus, Anda bisa mengombinasikan pasta gigi dengan es batu. Menurut dermatologist Marnie Nussbaum, M.D., es batu bisa membantu mengurangi peradangan, iritasi, kulit kering sekaligu mendinginkan area kulit yang berjerawat akibat pasta gigi. Yaitu dengan cara “Bungkus es batu menggunakan kertas tisu atau kain, lalu tempelkan pada area kulit yang mengalami kekeringan atau iritasi” saran Marnie.

Tujuan Es batu ini berfungsi sebagai vasokonstriktor yaitu mempersempit pembuluh darah sehingga akan mengurangi suplai darah ke jerawat. Tapi, Marnie juga mengingatkan ketika mengaplikasikan es batu pada jerawat jangan terlalu lama, cukup beberapa menit saja. Sebab… jika terlalu lama Es batu menempel pada kulit justru akan membuat kulit makin kering dan memperparah peradangan.

Nah, demikian imfinform yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Spesialis rambutZoel

Tinggalkan komentar